Mari kita bahas peluang berinvestasi di media: Forex, Saham, Reksa Dana, dan Asuransi

FAQ saat Melakukan Riset Pasar sebelum Memulai Bisnis

Bukan hanya mendapatkan laba, melainkan juga setiap pelaku bisnis harus punya motivasi tinggi untuk dapat mempertahankan eksistensi dalam dunia bisnis. Lebih dari itu, pelaku bisnis juga harus siap “bertempur” semaksimal mungkin agar tidak hanya bisa mendominasi pasar lokal & nasional tetapi juga pasar internasional.

Kesulitan mendapatkan pekerjaan saat ini menjadi masalah yang tidak mengherankan lagi. Pasalnya, di era teknologi seperti sekarang ini, sebagian perusahaan memaksimalkan penggunaan teknologi canggih yang dirasa lebih efektif, efisien, dan produktif dibanding tenaga manusia. Fenomena ini mengharuskan siapapun termasuk para lulusan sarjana sekalipun berpikir untuk menjalankan bisnis agar dapat memberikan lapangan pekerjaan bagi dirinya sendiri atau orang lain. Agar bisnis yang dijalankan dapat bersaing dengan bisnis yang telah berumur, melakukan riset pasar harus terlebih dahulu dilakukan. Berikut beberapa FAQ saat melakukan riset pasar:

Apa yang dibutuhkan masyarakat?

Kebutuhan

Tanpa adanya peran serta masyarakat, bisnis tidak akan berjalan sesuai harapan. Bagaimana bisnis akan berjalan kalau keuntungan tidak didapatkan karena produk yang ditawarkan tidak dibeli masyarakat? Oleh karenanya, penting bagi pelaku bisnis melakukan riset pasar untuk mengetahui kebutuhan masyarakat. Produk yang dibutuhkan masyarakat bisa menjadi pilihan bisnis dengan prospek baik & patut dipertimbangkan. Semakin dibutuhkan produk, permintaan produk bakal bertahan bahkan terus meningkat dari waktu ke waktu.

Berapa harga yang bisa dijangkau oleh pangsa pasar?

harga

Setelah mendapatkan produk yang dibutuhkan masyarakat, menentukan siapa pangsa pasar jadi langkah selanjutnya. Pangsa pasar adalah personal atau kelompok orang yang punya potensi besar membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan. Riset berapa harga yang bisa dijangkau pangsa pasar kemudian akan menjadi tindakan berikutnya. Penentuan besar kecilnya harga bisa dilihat dari profesi sekaligus gaji bulanan, pendidikan, peran keluarga, persepsi, keyakinan, dan lain sebagainya dari segmen atau pangsa pasar yang telah ditetapkan.

Bagaimana strategi pemasaran kompetitor?

strategi pemasaran kompetitor

Dalam sistem perdagangan di Indonesia, tidak diberlakukan sistem monopoli kecuali untuk PLN, PAM, atau TELKOM. Maka dari itu, persaingan dalam bisnis pasti akan ada. Pelaku bisnis yang berhasil memenangkan persaingan akan tetap eksis, berkembang, dan maju. Untuk mewujudkan hal ini, riset pasar mengenai strategi kompetitor menjadi tindakan yang patut dilakukan sebelum memulai bisnis. Ketika kompetitor menggunakan strategi harga terjangkau untuk produknya, pelaku bisnis bisa mengambil dari sisi pelayanan prima untuk menarik simpati publik.

Bagaimana cara pangsa pasar mengetahui produk?

Promosi

Setelah menentukan pangsa pasar terhadap produk yang ditawarkan baik kalangan menengah ke bawah maupun kalangan menengah ke atas, pelaku bisnis harus mengetahui bagaimana pangsa pasar mengetahui produk dengan cepat. Hal ini pada akhirnya berkaitan dengan media pemasaran yang bakal digunakan entah elektronik, cetak, atau internet. Semakin tepat media pemasaran yang digunakan, pertahanan atau peningkatan penjualan menjadi resiko “manis” yang bakal didapatkan.

Dalam melakukan riset pasar, pelaku bisnis bisa melakukannya dengan beberapa cara. Pertama, kuesioner yakni memberikan daftar pertanyaan seputar data yang diperlukan. Kedua, interview yakni melontarkan pertanyaan lewat telpon atau langsung. Ketiga, survey yakni mencari tahu informasi yang dibutuhkan dengan memanfaatkan media internet, salah satunya sosial media yang belakangan jadi media komunikasi menarik dan marak digunakan.

Keempat, focus group yakni mengumpulkan populasi konsumen potensial dan meminta masukkan mereka secara langsung. Terlepas dari apapun metode yang digunakan untuk pengumpulan data, yang pasti data yang didapatkan bakal membuat pelaku bisnis bisa bersaing apik dengan pelaku bisnis profesional sekalipun.

 

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *