Mari kita bahas peluang berinvestasi di media: Forex, Saham, Reksa Dana, dan Asuransi

Kelola Keuangan Pribadi dengan Tips Berikut!

pengelolaan uang pribadiPekerja pemula selalu mengalami kesulitan dalam mengelola keuangannya. Mereka cenderung menghabiskan seluruh penghasilannya untuk kebutuhan pribadi yang tidak terlalu penting. Hal ini dipengaruhi jiwa mudanya yang nampak ingin memiliki seluruh isi dunia. Dampak jangka pendek dari pengelolaan keuangan yang buruk adalah hutang yang menumpuk, baik kepada teman, bank, maupun rentenir. Sedangkan dampak jangka panjangnya yaitu masa tua yang terlunta-lunta karena tidak terkumpulnya dana pensiun. Apakah Anda termasuk orang yang payah dalam mengelola keuangan pribadi? Bila tidak ingin mengalami terkena dampak buruk dari pengelolaan uang pribadi yang salah, ikuti tips di bawah ini:

Menabung

Berapapun penghasilan Anda dalam sebulan, tak lupa untuk menyisihkannya untuk ditabung. Sangat disarankan untuk langsung menyisihkannya di awal bulan, bukan di akhir bulan. Hal itu disebabkan manusia memiliki kecenderungan menghabiskan uangnya selama persediaannya masih ada. Cara efektif untuk menabung adalah dengan memisahkan rekening pribadi dan tabungan. Simpan kartu ATM yang berisi rekening tabungan agar tidak tergiur untuk mengambil uang di dalamnya.

melakukan investasiMelakukan investasi

Setelah uang tabungan terkumpul banyak, gunakan sebagian untuk berinvestasi. Jenis investasi yang sedang hits ialah investasi properti dan emas. Keduanya digemari karena minim resiko. Anda bisa memilih salah satu dari keduanya sebagai langkah awal investasi dengan mempertimbangkan tujuan yang ingin dicapai. Jika Anda hanya ingin keuangan yang stabil di masa depan, investasi emas adalah pilihan yang tepat. Namun, pilih investasi properti bila ingin keuangan meningkat drastis dari tahun ke tahun. Sangat disarankan untuk meneliti kualitas properti agar tidak nilai jualnya tidak mengalami penurunan.

Membeli asuransi

Tidak ada satu orang pun yang mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan. Saat kesehatan mulai menurun ataupun terjadi kecelakaan parah, asuransi kesehatan akan membantu keuangan Anda selama masa perawatan. Begitupun bila tiba-tiba datang bencana alam yang merusak bangunan rumah, pihak asuransi rumah akan membantu biaya perbaikannya. Selain kedua asuransi tersebut, masih banyak jenis asuransi lainnya yang akan melindungi keuangan Anda di masa depan. Sisihkan sebagian penghasilan Anda untuk membeli asuransi yang sesuai kebutuhan dengan premi terjangkau.

hemat-gaya-hidup-hijauMengubah gaya hidup

Bila selama ini Anda adalah seorang shopaholic, segera ubah kebiasaan tersebut untuk menyelamatkan keuangan. Begitupun dengan gaya hidup mewah yang selama ini dijalani, seperti makan di restoran fast food yang mahal, nonton bioskop setiap malam, nongkrong di caffe seharian, dan kegiatan foya-foya lainnya. Namun, hal itu boleh sesekali dilakukan untuk hiburan. Dengan hidup sederhana, masa depan pun akan cerah.

Membuka bisnis

Untuk menambah penghasilan, Anda sangat dianjurkan untuk membuka usaha sendiri. Penghasilan menjadi karyawan mungkin tidak sepenuhnya bisa menutupi kebutuhan pokok yang kian melonjak. Agar dapat menyeimbangkan pengeluaran dan pendapatan, salah satu caranya ialah membuka bisnis. Memulai usaha dengan memasarkan produk secara online kian diminati banyak orang. Selain mudah, modal yang dikeluarkan tidak sebesar bila membuka toko offline. Sebagai langkah awal usaha, cobalah menjadi reseller terlebih dahulu karena modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar.

Semua tips di atas akan sukses Anda lakukan bila disertai sikap konsisten dan  gigih menahan godaan. Tetapkan tujuan finansial yang ingin dicapai untuk memotivasi Anda melakukan pengelolaan keuangan yang benar, seperti menikah, memiliki rumah baru, menaikan orang tua haji, melanjutkan pendidikan, dan lain sebagainya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *