Mari kita bahas peluang berinvestasi di media: Forex, Saham, Reksa Dana, dan Asuransi

Baru Sudah Gajian? Yuk, Atur dengan Cara Berikut

Mengatur keungan pribadi saat gajian tentunya menjadi bagian yang penting untuk semua kalangan. Gaji pribadi yang diterima harus bisa dikelola secara baik. Jika uang gaji yang diterima dalam jumlah besar tidak dikelola dengan baik, tentunya akan habis-habis saja. Sebentar lagi awal bulan bagi yang akan menerima gaji tentunya akan merasa senang. Nah, buat Anda pribadi yang setiap gajian uangnya selalu habis entah digunakan untuk apa saja, maka berikut ini yang bisa dijadikan acuan Anda untuk mengatur keuangan:

Buat anggaran belanja

Buat anggaran belanja

Setelah menerima gaji buat anggaran belanja, uang yang didapat akan digunakan untuk apa saja. Misalnya, membeli beras, makanan, pakaian, dan lain sebagainya. Setelah dibuatnya anggaran belanja, Anda harus konsisten untuk tidak membeli barang yang tak terdaftar pada anggaran. Selain itu, jika Anda pakai kartu kredit manfaatkan promo yang ada, tapi jangan terlalu berlebihan dalam belanja.

Bayar semua tagihan

Bayar semua tagihan

Bayar juga semua tagihan yang ada agar semuanya bisa lancar, seperti listrik, PAM, dan kartu kredit. Jika semuanya tidak Anda bayar tentunya ini bisa menjadi salah satu masalah keuangan Anda karena akan menjadi beban untuk membayarnya. Mengapa bisa? Karena untuk listrik dan PAM Anda akan dikenakan denda jika tidak membayar pada tanggal yang telah ditetapkan. Untuk kartu kredit sendiri biaya akan besar bila tidak membayar tiap bulannya.

Sisihkan buat investasi

Cara lain mengatur keuangan peribadi Anda adalah dengan menyisihkan uang gaji buat berinvestasi sebagai cadangan masa depan. Berinvestasi tidak harus dilakukan dengan dana yang cukup besar Anda bisa berinvestasi dengan biaya relatif kecil hingga yang besar. Berikut ini investasi yang bisa Anda pilih:

  • Emas

Emsa merupakan berlian mulia yang sangat disukai oleh semua orang terutama para wanita. Investasi emas juga memberikan Anda simpanan untuk masa depan. Selain itu, investasi emas akan memberikan keuntungan bagi Anda karena emas merupakan barang yang mudah untuk dijual atau digadaikan. Untuk Anda yang ingin berinvestasi emas lebih baik mencari emas batangan atau koin karena harganya cendrung setabil dibandingkan dengan periasan adanya potongan biaya.

  • Tanah

Tanah juga bisa menjadi investasi untuk jangka panjang karena tanah semakin tahun akan semakin meningkat harga yang ditawarkan. Namun, untuk berinvestasi ini Anda harus membutuhkan dana cukup besar karena harga tanah cukup mahal (puluhan juta rupiah) dabandingkan dengan investasi emas (ratusan sampai jutaan). Selain itu, untuk tanah saat Anda ingin memerlukan uang secara mendadak, maka akan sulit untuk dijual dengan harga tinggi.

  • Saham

Saham merupakan investasi yang berkaitan dengan surat-surat berharga. Keuntungan investasi saham adalah dapat mendatangkan keuntungan besat saat harga saham melonjak naik. Dengan modal yang kecil ada kemungkinan Anda akan mendapatkan keuntungan berlipat. Selain memiliki keuntungan, investasi saham juga memiliki kekurangan, yaitu pada saat saham turun maka bisa rugi besar.

  • Asuransi pendidikan

Investasi tidak hanya berupa emas atau tanah karena asuransi pendidikan termasuk investasi. Mengikuti program ini akan mempermudahkan Anda yang ingin melanjutkan sekolah. Untuk nominal asuransi pendidikan ini, tergantung tempat Anda membuat asuransi pendidikan.

Yang pasti buat Anda semua jangan lupa untuk berinfaq kepada orang lain setelah menerima gaji. Meluangkan sedikit gaji untuk infaq tentunya akan banyak manfaat. Nah, buat Anda semua yang menerima gaji untuk diri sendiri itulah cara yang bisa dilakukan setelah menerima gaji.

 

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *